Soal Persiapan Pilkada 2024, PDIP: Kami Paling Siap

Sedang Trending 1 hari yang lalu

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan partainya paling siap untuk menghadapi kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Jujur saja kami paling siap nampaknya di antara para kontestan," kata Said kepada Tribunnews.com, Rabu (17/4/2024).

Sebab, Said menyebut bahwa DPP langsung memberikan petunjuk kepada DPD untuk mempersiapkan Pilkada setelah pemungutan bunyi Pilpres pada 14 Februari lalu.

"Karena kami sudah begitu pileg selesai, pilpres selesai tanggal 14 Februari, kami lenyap itu sudah diperintah oleh DPP partai untuk mempersiapkan pilkada-pilkada baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi," ujarnya.

Saat ini, kata Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu, PDIP sudah mulai membuka pendaftaran Pilkada di beberapa daerah. 

"Ada beragam titik kabupaten/kota yang sudah melakukan penjaringan," ungkap Said.

Menurut Said, nama-nama yang mendaftar di DPD itu bakal disampaikan ke DPP PDIP untuk mendapat rekomendasi.

"Insya Allah awal bulan sudah masuk rekomendasi dari DPD-DPD ke DPP partai. Usulan yah, usulan untuk mendapatkan rekom DPP partai," ucapnya.

Said tak mengungkapkan siapa saja tokoh-tokoh yang mendaftar ke PDIP. Sebab, kewenangan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Bappilu Bambang Wuryanto namalain Bambang Pacul.

"Kalau yang mendaftar tentu yang lebih tahu Pak Sekjen sama Pak Bambang Pacul. Karena memang kewenangan kedua beliau," imbuhnya.